Nawruz, Tahun Baru Afghanistan

nawruz

Nawruz  adalah perayaan tahun baru Persia yang terutama dirayakan di Iran. Afghanistan sebagai Negara yang juga berbahasa Farsi dan menggunakan kalender  Persia turut merayakan Nawruz juga. Selain  dirayakan di Afghanistan juga dirayakan negara   Azerbaijan, Kazhakstan, Turki  dan  di Negara-negara Asia Selatan dan Tengah lainnya.  Pada tahun 2010 UNESCO memasukan Nawruz dalam daftar  “Intangible Cultural Heritage of Humanity”
(more…)

Share Button

Ngulitin Kulit Kambing Cara Afghanistan

kambingTahun ini saya kebagian jatah merayakan Idul Adha di kota Kabul, Afghanistan, karena jatah pulang ke Indonesia gak pas waktunya. Ada pengalaman baru dan menarik yang saya temui selama Idul Adha disini.

Pertama, tata cara shalat Idul Adha yang berbeda dengan yang selama ini saya lakukan di Indonesia. Kedua, cara orang Afghan ngulitin kulit kambing yang menurut saya cukup aneh tapi praktis.

(more…)

Share Button

Danau Qargha, Kabul

Sungguh walaupun saya sudah tinggal di kota Kabul, Afghanistan selama 1 tahun lebih tapi saya tidak pernah keluar sampai ke pinggir kota Kabul mengingat situasi keamanan yang tidak memungkinkan.

Kali ini kebetulan kami kedatangan tamu dari Jakarta dan sesuai info intelijen situasi cukup kondusif maka kami pergi ke suatu tempat wisata berupa sebuah danau di pinggir kota Kabul namanya Danau Qargha

Welcome to Qargha

(more…)

Share Button

Hey There! I am Using Whatsapp

Wah..gaya euy, sekarang judulnya pakai bahasa Inggris hehehehe.. Judul ini sebenernya salah satu status di aplikasi Whatsapp. Aplikasi apaan lagi tuh…. Sebenernya saya sudah tahu aplikasi ini udah lama. Setahu saya aplikasi ini dulunya cuma bisa jalan di smartphone khusus Iphone, karena saya pakai Blackberry makanya saya cuekin aja.

(more…)

Share Button

Latte Factor™

Iseng-iseng browsing masalah perencanaan keuangan nemu istilah “Latte Factor”. Dari kata Latte yang terpikir pasti tentang kopi, apa hubungannya kopi dengan perencanaan keuangan?

(more…)

Share Button

Solusi Komunikasi Murah di Swiss

Tahun 2011 kemarin saya ada kesempatan lagi tugas ke Swiss, ternyata sekarang di Swiss sudah ada provider telekomunikasi yang sangat murah, namanya Lebara.

Dulu kalau tugas ke Swiss saya agak kerepotan dengan masalah telekomunikasi, karena disana gak bisa beli kartu telepon yang prepaid. Paling  saya beli kartu voip tapi harus telepon dulu ke sentral voipnya pakai telepon PSTN setempat.

Sekarang gak usah repot lagi, begitu sampai di Zurich, bisa langsung  dibeli di loket kereta dengan menunjukkan paspor dan tulis alamat rumah. Harganya sekitar CHF 12 sudah dapat pulsa sebesar CHF 20.

Selain dipakai buat telepon dan sms, kartu ini juga bisa buat internetan. Biayanya murah cuma CHF 4.90/bulan sudah dapat gratis 120 MB.  Kecepatan donlotnya cepat sekali, sayang sekali saya gak sempet test kecepatannya tapi yang saya rasakan kecepatannya cepet bener.

Masa berlaku kartunya kalau gak dipakai 6 bulan, mudah-mudahn sebelum masa berlakunya habis bisa ke Swiss lagi :-).

Share Button

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Berikut hasil kultwit hari ini mengenai manfaat puasa yang disampaikan oleh dr. Irzan Nurman. Beliau salah satu dokter yang aktif di dunia social media yang rajin  memberikan tip-tip kesehatan dan tidak pelit dalam membagi ilmunya. Siapa saja yang bertanya akan dijawab dengan sabar, ibarat punya  dokter pribadi. Wajib follow @dr_irzan.

(more…)

Share Button

Salju di Afghanistan

Sebelum saya tiba di Afghanistan tidak terpikir kalau negara ini termasuk yang memiliki 4 musim. Yang saya tahu memang negara ini konturnya berbukit dan yang pasti sebuah negara yang masih berkonflik baik antar sesama bangsa sendiri maupun intervensi negara asing.

Di bawah ini adalah photo-photo yang saya ambil di kota Kabul,  Afghanistan yang juga ternyata turun salju. Malahan di beberapa kota lainnya seperti di provinsi Badakhstan tahun ini banyak yang tewas akibat badai salju dan longsor akibat salju.

IMG00326-20120115-0858IMG00376-20120204-1059IMG00370-20120203-1102IMG00325-20120115-0858IMG00309-20120105-1144IMG00327-20120115-0859IMG00378-20120204-1059KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERAIMG00320-20120114-1456IMG00328-20120115-0859

Share Button

Manfaat Coklat Hitam

Sejak kecil saya sudah doyan coklat, tentu saja coklat yang rasanya manis. Tapi setelah membaca twit ini:

@dr_irzan: Peneliti menemukan,stlh 2 jam konsumsi #coklat hitam, prosianidin yg menyehatkan jantung,kadarnya naik 20 kali lipat

terinspirasi twit dari dr. Irzan tsb di atas, saya googling ternyata banyak sekali manfaat dari cokat hitam itu diantaranya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, sebagai anti oksidan, mengontrol gula darah, meningkatkan aliran darah ke otak, dan masih banyak lagi.

Mulai saat ini, pandangan saya mengenai coklat hitam sekarang berubah. Walaupun rasanya pahit tapi manfaatnya banyak, jadi daftar cemilan saya sekarang bertambah lagi dengan adanya coklat hitam.

Share Button

Iwan Fals – Sugali (1984)

Salah satu album dari Iwan Fals yang paling berkesan buat saya ya ini nih.. SUGALI, kenapa?karena pada pas album ini keluar tahun 1984 waktu itu saya masih duduk di SMP dan sedang study tour ke Yogya. Nah..sepanjang perjalanan, kaset ini bolak balik diputer terus makanya saya sangat terkesan banget sama album yang satu ini. Kalau dengerin lagu-lagu dari album ini jadi inget sepanjang perjalanan Jakarta – Yogya. #bringsbackmemories.

Share Button
1 2 3 4 5 7 8