Liburan di Kaki Gunung Fuji (1)

Tulisan ini merupakan pengalaman kami yang lalu tepatnya di bulan Desember 2006 tapi baru sempat ditulis sekarang.

Waktu itu sudah hampir 3 tahun kami tinggal di Jepang tepatnya di kota Tokyo,  kami sekeluarga ingin rasanya menikmati penginapan yang bernuansa tradisional Jepang atau istilah Jepangnya Ryokan.

Penginapan
Setelah melalui beberapa pertimbangan, diputuskan akan menginap dari tanggal 2526 Desember 2006. Tanggal 25 Desember adalah hari raya Natal yang jatuh hari Jumat dan besoknya libur hari Sabtu.

Untuk mencari penginapannnya saya mencarinya melalui internet dan saya menemukan website yang berisikan informasi wisata di daerah Danau Kawaguchi dan sekitarnya. Dari website tersebut pilihan jatuh pada Hotel Mizunosato,  pilihan pada hotel  ini selain dikarenakan jarak tempuh dari Tokyo tidak terlalu jauh dan letaknya persis di tepi Danau Kawaguchi dimana danau  ini termasuk dalam 5 danau disekitar Gunung Fuji. Hotel ini juga punya fasilitas pemesanan secara online dalam bahasa Inggris jadi memudahkan untuk pemesanan kamar.

Di ryokan ini hanya terdapat lantai beralaskan  Tatami, bathtub/ Ofura yang terbuat dari kayu, tidur beralaskan Futon, memakai Yukata. Perabotan yang ada hanya lemari pakaian dan meja rendah/zataku.  Dan tentunya fasilitas yang saya cari dari penginapan ini harus ada tempat Onsen dimana kita bisa berendam di air panas alami.

Tarif Hotel
Tarif hotel di Jepang ini yang membuat saya berpikir
2 kali untuk sering-sering menginap di hotel, karena tarif hotel dihitung berdasarkan jumlah orang yang menginap dalam 1 kamar.  Bila jumlah orang dalam 1 kamar lebih dari 2, tarifnya bisa lebih murah .

Misalnya saja kami berempat dikenakan tarif 12.000 Yen/orang, tapi bila yang menginap hanya 2 orang dalam 1 kamar akan dikenakan tarif 14.000 Yen/orang dan bila ada 3 orang dalam 1 kamar tarifnya 13.000 Yen/orang.

Tarif tersebut sudah termasuk makan malam dengan menu masakan Jepang dan  kebetulan kami (sebenarnya saya dan Nawfal yang gak suka sih…) tidak terbiasa dengan masakan Jepang, maka pilihan ini bisa ditiadakan dan mendapatkan potongan harga 2000 Yen/orang.

Ber-Yukata ria

Siap-siap tidur beralaskan futon

Fasilitas Penginapan
Pada saat kami tiba di penginapan ini, ternyata pilihan saya tidak salah. Walaupun bentuk bangunan ini sudah modern tapi kamar yang kami pesan dibuat sedemikian rupa seperti layaknya penginapan tradisional dan dari jendela kamar kami bisa melihat pemandangan Gunung Fuji.

Gunung Fuji dilihat dari jendela kamar.

Di penginapan ini selain terdapat tempat Onsen di kamar juga mempunyai tempat Onsen dan Jacuzzi yang bisa dipakai bersama-bersama tamu lainnya di lantai tertentu. Yang menarik lagi dari penginapan ini adalah terdapatnya tempat Onsen di atap hotel. Saya pernah beberapa kali merasakan Onsen di tempat lain tapi Onsen di atap hotel ini  mempunyai sensasi tersendiri. Apalagi pada saat itu musim dingin, saya dan anak-anak  berendam air panas di atap hotel dengan panorama Gunung Fuji dan danau Kawaguchi dan cuaca sedang cerah sehingga tampak bintang-bintang di langit, hmmmm… benar-benar pengalaman yang tak terlupakan.

Onsen Bareng-bareng di kamar

Tulisan selanjutnya saya akan ceritakan tentang tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Danau Kawaguchi.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *