Before – After: That’s Dramatic Change

Judul di atas  adalah salah satu acara di TV Asahi, yang  ditayangkan setiap hari Sabtu mulai jam 89 malam dan merupakan salah satu acara televisi favorit keluarga kami sewaktu tinggal di Jepang dulu.

Acara berdurasi 1 jam ini menampilkan proses merenovasi rumah mulai dari penghancuran sampai pembangunan kembali. Mungkin ide acara ini yang pakai untuk acara Bedah Rumah yang ditayangkan di RCTI.

Acara yang sudah ada sejak tahun 2002 dan sudah ratusan rumah yang direnovasi dipandu oleh artis serba bisa George Tokoro, pria  kelahiran Saitama tahun 1955.

Acara ini umumnya di awali dengan kehidupan suatu keluarga yang tinggal di rumah yang sudah tua, sempit dan kadang berada di lahan yang terbatas dan memiliki bentuk tidak standar. Kehidupan keluarga ini digambarkan sebagai keluarga yang mengalami kesulitan dengan keadaan rumahnya. Misalnya saja ada yang harus berdesak-desakan di dapur, bergantian penggunaan ruangan karena ruangan terbatas dengan anggota keluarga yang lain, garasi mobil yang sempit, rumah berada di hoek dengan pintu rumah langsung menghadap ke jalan raya.

Setelah itu dilanjutkan dengan kedatangan arsitek yang melihat-lihat kondisi rumah dan kendala yang dihadapi keluarga tersebut.   Arsitek yang dipakai  selalu berganti-ganti setiap episode, ada juga arsitek yang sudah pernah dipakai pada episode sebelumnya. Selama proses renovasi berlangsung pemilik rumah beserta keluarganya diungsikan ke suatu tempat dan tidak diperkenankan untuk melihat proses renovasi sampai selesai. Setelah renovasi selesai, pemilik rumah beserta keluarga diajak melihat rumahnya untuk pertama kali.

Bagi saya acara ini menarik karena memperlihatkan keahlian dari para arsitek untuk mengeluarkan ide-ide mereka dalam mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pemilik rumah. Arsitek tersebut mempunyai ide-ide yang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan ruangan yang minimal menjadi maksimal. Pada setiap episode penonton seolah-olah diajak untuk menjawab apa yang sebenarnya akan dibuat oleh arsitek tersebut.

Selama berlangsungnya acara ini diiringi lagu yang enak didengar judulnya Takumi dimainkan oleh Suguru Matsutani, pianis asal Jepang.

Salah satu episode Before-After.

Kalau mau lihat lebih banyak lagi episode lainnya, klik disini.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *