Deposit Refund

Di Jepang ini sudah lazim kalau kita kontrak rumah harus setor yang namanya uang deposit sebagai pengganti bila ada kerusakan rumah selama kita tempati.  Besarnya bervariasi tergantung negosiasi dengan agen rumah, bisa 1 atau 2 kali sewa rumah perbulan.

Dalam menentukan besaran itu agen rumah akan melihat siapa yang akan menempati rumah tersebut, misalnya keluarga yang memiliki anak kecil maka besarnya uang deposit bisa 2 atau 3 kali sewa rumah perbulan karena kemungkinan anak tersebut untuk merusak rumah sangat besar.

Walaupun saya waktu itu masih punya anak kecil umur 5 tahun, tapi agen rumah saya sepakat uang deposit sebesar 1 kali sewa rumah perbulan. Sebenarnya besarnya 2 kali sewa rumah perbulan pun tidak masalah karena uang tersebut akan kembali lagi pada saat akhir kontrak rumah walau tidak utuh 100% dengan memperhitungkan kerusakan rumah yang ada.

Berhubung tugas kerja sudah hampir selesai maka saya memutuskan untuk mengakhiri kontrak rumah. Pada hari yang disepakati saya beserta agen rumah dan pemilik rumah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi rumah untuk melihat seberapa besar kerusakan yang ada selama saya menempati rumah tersebut.

Alhamdulillah, ternyata pemilik rumah puas dan bilang tidak ada kerusakan yang berarti dan berjanji akan mengembalikan uang deposit. Dia nggak tahu padahal  seminggu sebelum pemeriksaan tersebut saya sudah berusaha untuk menutupi beberapa kerusakan kecil yang terjadi, kalaupun ada kerusakan besar saya sudah pasrah saja kalau uang deposit tersebut akan dipotong untuk mengganti kerusakan tersebut.

Setelah menunggu agak lama dan sedikit memaksa dengan bilang kalau saya sudah harus menutup rekening bank dan kembali ke tanah air, akhirnya saya terima email dari agen rumah yang mengatakan uang deposit sewa rumah sudah ditransfer ke rekening bank saya. Besoknya saya cek di ATM Bank of Tokyo Mistubishi UFJ ternyata memang sudah dikirim dan dikembalikan utuh 100%. Seingat saya agen rumah pernah bilang kalau uang deposit pasti akan dipotong 80.000 yen untuk uang kebersihan diluar kerusakan yang terjadi.

Alhamdulillah, ternyata pemilik rumah tersebut baik sekali. Dia mengembalikan uang deposit utuh 100%, berarti saya masih punya tabungan untuk pulang ke tanah air, lumayan buat tambah DP rumah. Dibandingkan dengan beberapa teman lainnya saya sangat beruntung, saya menerima utuh 100% sedangkan mereka tidak menerima uang deposit secara utuh.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *