Nawruz, Tahun Baru Afghanistan

nawruz

Nawruz  adalah perayaan tahun baru Persia yang terutama dirayakan di Iran. Afghanistan sebagai Negara yang juga berbahasa Farsi dan menggunakan kalender  Persia turut merayakan Nawruz juga. Selain  dirayakan di Afghanistan juga dirayakan negara   Azerbaijan, Kazhakstan, Turki  dan  di Negara-negara Asia Selatan dan Tengah lainnya.  Pada tahun 2010 UNESCO memasukan Nawruz dalam daftar  “Intangible Cultural Heritage of Humanity”

Tahun 2013 ini sama dengan tahun 1392 menurut perhitungan kalendar Afghanistan yang disebut dengan Hijri Shamsi. Bila bulan pertama di kalender Masehi adalah bulan Januari sedangkan pada Hijri Shamsi disebut Hamal. Nawruz biasanya jatuh pada tanggal 21 Maret tahun Masehi. Perayaan ini juga menandai  awal Musim Semi

Masyarakat di Kota Kabul biasanya berkumpul di Mesjid tertua di Kart-e Sakhi  menanti dikibarkanya “Bendera Suci”. Pengibarannya dilakukan  dengan cara menegakkan tiang bendera bukan mengerek bendera  dengan tali  seperti biasaya.  Bagi sebagian masyarakat Afghanistan percaya apabila tiang bendera berhasil  ditegakkan maka masa depan negara akan cerah.

Perayaan Nawruz juga ditandai dengan dilangsungkannya turnamen olah raga khas Afghanistan yaitu Buzkashi, yaitu olah raga seperti permainan Polo, dimana para pemainnya menunggang kuda tapi yang diperebutkan bukan bola melainkan kambing yang sudah disembelih. Adegan mengenai olah ragai ini ada di  film Rambo III yang mengambil tema perang di Afghansitan antara Amerika dan Soviet.

Perayaan tahun baru di Afghanistan biasanya lebih ramai di Provinsi Majar-e Sharif sebelah utara Afghanistan. Mereka berkumpul di Mazar Central Park sekitar Masjid Biru yang menjadi ciri khas Provinsi Mazar-e Sharif.

Ada beberapa hidangan yang khusus dihidangkan pada saat Nawruz antara lain Sabzi Chalaw, terdiri dari nasi dan bayam, M?h? wa Jelab? berupa Ikan dan juga ada beberapa kue-kue khas Afghanistan Kulcha-e Nowroz?.

Selain itu ada juga minuman yang disebut Haft M?wa yaitu berupa campuran 7 macam buah-buahan kering  dan kacang yang terdiri dari Almond, Walnut, Kurma, Kismis, Pistachio,  Berry, Apricot, Hazelnut dan dicampur dengan sirup.

Pada saat Nawruz biasanya saling mengucapkan Saal-e Naw- e taan Mubarak atau Selamat Tahun Baru.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *