Rahasia kok diumbar-umbar

Hari Sabtu kemarin ketika sedang gonta-ganti chanel tv, sempat berhenti di TV One yang sedang menyiarkan berita penangkapan kelompok teroris di Kelapa Gading. Pada berita tersebut terdapat seorang pejabat polisi sedang memberikan keterangan pers mengenai kelompok teroris tsb. Saya tidak tertarik dengan beritanya hanya saja saya saya sempat kaget ketika pejabat tsb menunjukkan dokumen kepada wartawan yang bertuliskan “Rahasia” pada header/footer dokumen tsb. Dengan dituliskannya kata “Rahasia” menurut saya berarti dokumen tsb berklasifikasi rahasia. Tulisan tsb sangat jelas terekam oleh kamera tv.

Nampaknya memang sudah menjadi hal yang umum di masyarakat kita, bahwa yang namanya rahasia itu bukanlah hal yang harus dirahasiakan. Sepertinya menjadi suatu kebanggaan bila kita menjadi orang yang menceritakan tentang rahasia tsb, contohnya sering kita mendengar orang bicara

“eh..sebenarnya ini rahasia .. tapi janji jangan kasih tahu siapa-siapa ya”

rahasia kok dikasih tahu orang. Belum tentu orang yang diajak bicara tersebut menepati janjinya untuk tidak memberitahu ke orang lain.

Sungguh sangat disayangkan kalau dokumen yang berklasifikasi rahasia diumbar-umbar kepada umum sedangkan kasusnya sendiri baru dalam tahap penyelidikan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *